Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix Epson LX-310

Sahabatinet.com - Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix Epson LX-310, Pernahkah sobat mengalami sebuah masalah dalam kerjaan sobat?pasti semua orang pernah mengalami hal itu, terutama dibidang IT pasti sering mengalami yang namanya error atau troble-troble komputer yang sobat sendiri kadang bingung bagaimana cara membenahinya. Solusi yang pertama jika dikantor sobat gak ada team IT maka sobat bisa browsing terlebih dahulu di Google tentang masalah yang dialami sobat, disitu banyak artikel yang sudah membahas masalah segala macam kendala komputer.

Nah kali ini yang akan saya bahas mengenai Bagaimana Menambah Ukuran Kertas Di Printer Epson Dot Matric Untuk Mencetak Surat Jalan Maupun Faktur. 

Pengalaman pribadi ini saya alami dikantor saya yang menggunakan printer Dot Matric Epson yang saya gabungkan dengan software aplikasi Accounting Accurate yang mana membutuhkan settingan tambahan di bagian cetak surat jalan atau faktur.

Cetak surat jalan atau faktur jika tanpa settingan akan tercetak berantakan dan tidak sesuai dengan kertas surat jalan yang biasanya setengah dari kertas folio. Nah untuk menyesuaikan settingan itu sobat perlu mensetting tambahan terlebih dahulu di bagian printer dot matric tersebut agar sesuai dengan ukuran kertasnya.

Baca Juga : Jenis Kertas dan Ukuran Untuk Cetak Nota atau Surat Jalan

Berikut Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matric :


  • Untuk pengguna windows 7 silahkan klik start pilih Devices And Printers maka akan tampil daftar printer yang terinstal, jika sobat menggunakan windows 10 pilih start klik Settings atau gambar roda gigi maka akan tampil daftar settingan devices maka akan tampil seperti dibawah ini 
  • Jika sobat menggunakan widows 7 maka setelah klik Devices adn Printer akan langsung muncul Daftar Printer yang terinstal.
  • Jika sudah terbuka silahkan pilih printer yang akan sobat setting atau akan sobat tambah ukuran kertasnya. Cari menu Print Server Properties maka akan tampil settingan seperti dibawah ini.

  • Untuk menambahkan ukuran kertas baru silahkan centang Create a New Form dan di bagian ukuran kertas dibawahnya pilih Metric karena kita menggunakan satuan Cm pada bagian Paper Size isikan Lebar kertas dan tinggi kertas sesuai denga kertas yang sobat harapkan. Karena dari awal saya ingin menjelaskan cara menambah ukuran kertas surat jalan yang rangkap 4 atau 5 maka untuk Width isikan 21,50 cm dan Height isikan 14 cm sesuai ukuran kertas surat jalan.
  • Setelah diisi semua silahkan klik SAVE FORM terlebih dahulu untuk menyimpan format yang sudah sobat buat.
  • Dan yang terakhir baru klik OK  untuk menyimpan settingan secara permanen.
Nah dari sini langkah-langkah menambah ukuran kertas yang tidak ada di daftar printer sudah selesai karena settingan setiap aplikasi yang biasa digunakan untuk mencetak surat jalan berbeda-beda maka saya tidak bisa jabarkan satau per satu. 

Kebetulan program accounting yang saya pakai adalah Accurate maka  saya hanya membagi tutorial Setting Kertas Surat Jalan di Pogram accurate versi 4 maupun versi 5. 

Post a Comment for "Cara Menambah Ukuran Kertas Di Printer Dot Matrix Epson LX-310"